Jadi ada dua
hal yang penting di sini yang harus ada dan dipahami secara gamblang:
1. “sekumpulan orang”
Artinya
organisasi terdiri minimal atas dua orang yang punya interaksi satu
sama lain
- “tujuan” (yang sama)
Interaksi
tersebut terbentuk karena memiliki visi / misi / kegiatan lain yang
baik secara terstruktur atau tidak untuk mencapai sasaran spesifik atau
sejumlah sasaran
Di samping
dua hal wajib tersebut sebenarnya masih ada “Culture” dan “Environment”,
dan mungkin di uraian di bawah akan ada lagi komponen-komponen lain
yang muncul bila organisasi dipandang dari sudut yang berbeda dan yang
lebih detail.
Organisasi
sebagai sebuah teori dapat dipelajari dari berbagai ilmu
- Sosiologi (ilmu tentang sifat, perilaku, dan perkembangan masyarakat)
- Ekonomi (ilmu yang mempelajari sifat manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang/jasa)
- Psikologi (ilmu yang mempelajari jiwa/mental terbatas pada manifestasi dan ekspresi jiwa/mental berupa proses, tingkah laku, atau kegiatan)
- Politik (ilmu yang mempelajari alokasi dan transfer kekuasaan dalam pembuatan keputusan, peran dan sistem pemerintahan termasuk pemerintah dan organisasi internasional, perilaku politik dan kebijakan publik)
- Manajemen (seni mengatur dan melaksanakan, belum ada definisi jelas)
dan kajian-kajian
terhadapnya disebut sebagai studi organisasi, perilaku organisasi, atau
analisa organisasi. Dua hal ini yang membentuk perspektif dalam teori
organisasi bisa bermacam-macam.
Komponen dasar
sebuah organisasi dilihat dari hasil studi organisasi adalah:
- Anggota
- Tujuan
- Kegiatan
- Komunikasi
- Lokasi
- Bentuk
- Perilaku dan Budaya
AKTIVITAS
MANAJEMEN ORGANISASI
Secara khusus
manajemen organisasi mempunyai dua tugas utama yaitu efektivitas dan
efisiensi, dimana :
· effective
is to do the right something. Dimana efektif merupakan pencapaian
tujuan atau target.
· efficiens
is to do the something right . sedangkan efisien adalah cara dalam
mencapai tujuan atau taget tersebut dengan memperkecil pengeluaran atau
pemborosan
Sehingga
dalam menjalankan roda organisasi dengan menggunakan sedikit mungkin
sumberdaya namun mencapai tujuan yang maksimal.
PENGEMBANGAN
ORGANISASI
1. Pengertian
Pengembangan Organisasi
Pengembangan
Organisasi merupakan program yang berusaha meningkatkan efektivitas
keorganisasian dengan mengintegrasikan keinginan individu akan pertumbuhan
dan perkembangan dengan tujuan keorganisasian.
2. Alasan
akan pentingnya pengembangan Organisasi
· Perubahan
adalah pertanda kehidupan
· Perubahan
memberikan harapan
· Pengembangan
merupakan tanggapan atas perubahan
· Pengembangan
merupakan usaha untuk menyesuaikan dengan hal baru (perubahan)
3. Metode
Pengembangan Organisasi
· Metode
Pengembangan Perilaku
§ Jaringan
Manajerial (managerial Grid)
§ Latihan
kepekaan
§ Pembentukan
Tim
§ Umpan
Balik Survei
· Metode
Pengembangan Ketrampilan dan sikap
§ On
the job training
§ Job
Instruction Training
§ Of
the job training
§ Vestibule
training
No comments:
Post a Comment