Wednesday 8 February 2012

All About Doraemon

Doraemon ( ドラえもん? ) adalah Jepang manga seri yang dibuat oleh Fujiko F. Fujio (nama pena Fujimoto Hiroshi ) yang kemudian menjadi anime seri dan orang Asia waralaba . Serial ini tentang bertelinga kucing robot bernama Doraemon, yang perjalanan kembali dalam waktu dari abad ke-22 untuk membantu seorang anak sekolah, Nobita Nobi ( 野比のび太 Nobi Nobita ? ) .

Seri pertama kali muncul pada Desember 1969, ketika diterbitkan secara bersamaan di enam majalah yang berbeda. Secara total, 1.344 cerita diciptakan dalam serial aslinya, yang diterbitkan oleh Shogakukan di bawah Tentōmushi ( てんとう虫? ) merek manga, memanjang sampai empat puluh lima volume. Volume dikumpulkan di Perpustakaan Pusat Takaoka di Toyama, Jepang, di mana Fujiko Fujio lahir. Viz Media membeli lisensi untuk manga Doraemon pada 1990-an untuk rilis bahasa Inggris, tapi dibatalkan tanpa penjelasan sebelum volume dibebaskan. Namun, Doraemon: Nobita Dinosaur s 2006 (film 26 di waralaba) mendapat skrining swasta di Washington DC pada November 2008.
Sebagian besar episode Doraemon yang komedi dengan pelajaran tentang nilai-nilai seperti integritas, ketekunan, keluarga keberanian, dan rasa hormat terhadap orang tua. Beberapa isu-isu lingkungan penting sering dikunjungi, termasuk hewan tunawisma, pemanasan global , spesies yang terancam punah , hutan , dan polusi . Miscellaneous topik pendidikan seperti dinosaurus , dengan teori bumi datar , lubang cacing bepergian, Perjalanan Gulliver , dan sejarah Jepang sering dibahas.

Doraemon dianugerahi Penghargaan Asosiasi Kartunis Jepang untuk keunggulan pada tahun 1973. Doraemon dianugerahi pertama Penghargaan Manga Shogakukan untuk manga anak-anak pada tahun 1982, dan yang pertama Kebudayaan Osamu Tezuka Penghargaan pada tahun 1997. Pada bulan Maret 2008, Kementerian Luar Negeri Jepang menunjuk Doraemon sebagai pertama bangsa "duta anime." jurubicara Kementerian menjelaskan keputusan baru sebagai upaya untuk membantu masyarakat di negara-negara lain untuk memahami anime Jepang lebih baik dan memperdalam minat mereka dalam budaya Jepang . Tindakan Kementerian Luar Negeri menegaskan Doraemon yang telah datang untuk dianggap sebagai ikon budaya Jepang. Pada tahun 2002, karakter anime itu diakui sebagai Pahlawan Asia dalam survei yang dilakukan oleh fitur khusus di Asia Waktu majalah.

Nama

Nama "Doraemon" diterjemahkan secara kasar untuk "liar". Luar biasa, nama "Doraemon" ( ドラえもん? ) ditulis dalam campuran dua script Jepang: katakana (ドラ) dan hiragana (えもん). "Dora" adalah dari "dora neko" (tahu malu rubah, rubah liar,どら猫), dan merupakan korupsi dari nora (tersesat). "Emon" adalah komponen dari nama yang diberikan laki-laki, seperti Goemon, meskipun tidak lagi populer seperti di masa lalu. "Dora" tidak dari dora gong yang berarti, namun karena homophony tersebut, puns seri ini, dengan mencintai Doraemon dorayaki .

Plot

Penampilan pertama dari Doraemon,
yang datang melalui mesin waktu.
Doraemon dikirim kembali dalam waktu dengan besar-besar cucu Nobita Nobi yang Sewashi untuk meningkatkan situasi Nobita sehingga keturunannya dapat menikmati masa depan yang lebih baik. Dalam waktu-garis aslinya, Nobita mengalami apa-apa kecuali kesengsaraan dan kemalangan diwujudkan dalam bentuk tanda miskin dan kelas, bencana fisik, dan intimidasi sepanjang hidupnya. Hal ini memuncak dalam membakar sebuah bisnis masa depan ia mendirikan garis yang meninggalkan keluarganya dilanda dengan masalah keuangan. Dalam rangka untuk mengubah sejarah dan kekayaan keluarga Nobi lebih baik, Sewashi mengirim dia sebuah robot yang disebut Doraemon.

Doraemon memiliki saku dari mana ia menghasilkan banyak gadget, obat-obatan, dan alat-alat dari masa depan. Saku ini disebut yōjigen-saku (lit. empat-dimensi saku). Beberapa gadget (dōgu) didasarkan pada real perangkat rumah tangga Jepang dengan twists fantastis, namun sebagian besar benar-benar fiksi ilmiah (meskipun beberapa mungkin didasarkan pada cerita rakyat atau cerita-cerita keagamaan). Ribuan dōgu telah ditampilkan dalam Doraemon . Jumlah dōgu telah diperkirakan di 4.500. Ini adalah varietas ini konstan yang membuat Doraemon populer bahkan di kalangan pembaca dewasa / pemirsa. Dalam seri, ketersediaan dōgu kadang tergantung pada uang Doraemon telah tersedia, dan ia sering mengatakan beberapa dōgu yang mahal di masa depan. Yang lebih terkenal termasuk " bambu-helikopter "(sangat mirip dengan yang yang muncul pada seri yang lebih tua dari Beany dan Cecil ), kepala kecil aksesori yang memungkinkan penerbangan; yang "Pintu Kemana Saja", sebuah pintu yang membuka ke tempat keinginan pengguna, dan "Mesin Waktu". Beberapa dōgu berulang muncul juga di Fujiko F. Fujio karya 's lain seperti 21-Emon , Kaibutsu-kun , Kiteretsu Daihyakka , Mikio untuk Mikio atau Paman .

Meskipun ia bisa mendengar dengan baik, Doraemon tidak memiliki telinga: telinga robot itu dimakan oleh tikus, memberinya serangkaian panjang fobia dari makhluk.
Karakter betina hanya Shizuka Minamoto utama adalah ( 源静香 Shizuka Minamoto ? ) , yang berfungsi sebagai semi-romantis pacar dari Nobita, tetapi sebaliknya karakter, pendukung kecil. Teman Nobita yang utama manusia termasuk Gian, pengganggu sempurna dan Suneo, sebuah, licik sombong, kaya anak nakal manja. Ada banyak karakter pendukung berulang, seperti Dekisugi, Nobita tua, guru sekolah, keturunannya dari masa depan, dan adik Doraemon, Dorami.

Kisah-kisah yang rumusan, biasanya difokuskan pada perjuangan sehari-hari Nobita kelas lima, protagonis dari cerita. Dalam sebuah bab yang khas, Nobita pulang menangis tentang masalah dia menghadapi di sekolah dan / atau lingkungan setempat. Setelah mendengar dia keluar, Doraemon sering menawarkan nasihat bermanfaat untuk masalahnya (s), tapi itu tidak pernah cukup untuk Nobita, yang secara konsisten mencari "cepat, mudah" jalan keluar (yang menawarkan wawasan ke pemirsa seperti mengapa kehidupan Nobita berubah tahu cara itu). Akhirnya, setelah mengaku Nobita dan / atau goading, Doraemon menghasilkan sebuah gadget futuristik dari kantong tersebut untuk membantu Nobita mengatasi masalah itu, menyusun dendam, atau memamerkan kepada teman-temannya.

Sayangnya ketika dalam kepemilikan gadget, Nobita biasanya mengalami kesulitan lebih dalam dari sebelumnya, meskipun niat Doraemon terbaik dan peringatan. Terkadang, teman Nobita (biasanya Suneo atau Gian) mencuri gadget Doraemon dan akhirnya menyalahgunakan mereka. Namun, pada akhir cerita, biasanya ada pembalasan terhadap karakter yang akhirnya menyalahgunakan mereka, dan moral yang diajarkan.

Manga

Pada bulan Desember 1969, Doraemon manga muncul secara bersamaan di majalah bulanan enam orang anak yang berbeda. Para majalah berjudul oleh tahun studi anak-anak, yang termasuk Yoiko (anak-anak baik), Yōchien (pembibitan sekolah), dan Shogaku Ichinensei (kelas pertama sekolah dasar) untuk Shogaku Yonnensei (kelas empat sekolah dasar). Pada tahun 1973, seri mulai muncul di dua majalah lagi, Shogaku Gonensei (kelas lima sekolah dasar) dan Shogaku Rokunensei (kelas enam sekolah dasar). Cerita-cerita yang ditampilkan dalam setiap majalah yang berbeda, yang berarti penulis awalnya menciptakan lebih dari enam cerita setiap bulannya. Pada tahun 1977, CoroCoro Comic diluncurkan sebagai majalah Doraemon . Manga asli berdasarkan Doraemon film juga dirilis pada CoroCoro Comic . Cerita-cerita yang diawetkan di bawah merek Tentōmushi adalah cerita yang ditemukan di majalah-majalah.

Sejak debut Doraemon pada tahun 1969, kisah-kisah selektif telah dikumpulkan dalam empat puluh lima buku yang diterbitkan 1974-1996, yang memiliki sirkulasi lebih dari 80 juta pada tahun 1992. Selain itu, Doraemon telah muncul dalam berbagai seri manga Shogakukan oleh. Pada tahun 2005, Shogakukan menerbitkan serangkaian lima volume manga lebih di bawah judul Doraemon + ( Doraemon Ditambah ), yang tidak ditemukan dalam empat puluh lima volume Tentōmushi pipi. Banyak seri lainnya telah sejak diproduksi, beberapa tidak dari pasokan resmi.

Doraemon dihentikan di dua media karena pembaca maju di kelas dan mengakhiri suatu diyakini diperlukan. Kedua tidak dicetak ulang.
Dalam edisi Maret 1971 majalah Shogaku 4-nensei : Karena pengunjung dari masa depan itu menyebabkan terlalu banyak masalah, pemerintah pada abad 22 melewati sebuah RUU untuk melarang perjalanan waktu sama sekali, berarti Doraemon harus kembali ke waktu nya era. Dia meninggalkan Nobita.

Dalam edisi Maret 1972 majalah Shogaku 4-nensei : Doraemon, untuk beberapa alasan, harus kembali ke masa depan tetapi palsu masalah mekanik sehingga Nobita yang akan membiarkan dia pergi. Nobita percaya dia dan berjanji untuk menunggu sampai Doraemon sembuh. Menyadari bahwa Nobita dapat menangani kepergiannya, Doraemon memberitahu yang sebenarnya dan Nobita menerimanya. Doraemon kembali ke masa depan.

Akhir ketiga sebenarnya dimaksudkan untuk menjadi resmi berakhir karena rating TV yang rendah dan Fujiko Fujio duo karena sibuk dengan pekerjaan lainnya, tetapi Doraemon tidak meninggalkan pikiran mereka dan restart dalam edisi bulan depan. Pada tahun 1981, episode ini dibuat menjadi anime (disebut "Doraemon Comes Back"), dan pada tahun 1998, ini dirilis sebagai film anime.

Dalam edisi Maret 1973 majalah Shogaku 4-nensei , Nobita kembali pulang setelah kalah melawan Gian. Doraemon lalu menjelaskan bahwa ia harus kembali. Nobita mencoba untuk tetap Doraemon tapi setelah membicarakannya dengan orang tuanya, ia menerima kepergian Doraemon. Mereka berjalan-jalan terakhir di taman. Setelah mereka berpisah, Nobita menemui Gian dan masuk ke perkelahian lagi. Setelah duel panjang dengan Nobita mencoba untuk menang sehingga Doraemon semua biaya yang dapat pergi tanpa khawatir, Gian menyerah (yang memberikan Nobita menang) karena tidak peduli apa, Nobita menolak untuk tetap turun. Doraemon menemukan Nobita pingsan dengan mulut berdarah dan membawanya pulang. Duduk di samping tidur Nobita, Doraemon kembali ke masa depan. Kisah ini dicetak ulang dalam bab terakhir Kitab manga 6.

Ketika Fujiko Fujio duo bubar pada tahun 1987, gagasan tentang seorang pejabat berakhir dengan seri itu tidak pernah dibahas. Sejak Fujiko F. meninggal tahun 1996 sebelum keputusan tercapai, setiap "ujung" dari Doraemon adalah fiksi penggemar . Namun, itu nampak dari banyak episode dan film mana Nobita melakukan perjalanan ke masa depan yang pada akhirnya ia menikahi Shizuka, memimpin hidup bahagia dan memisahkan dengan Doraemon, walaupun Nobita dan teman-temannya sayang ingat dia.

Salah satu ujung fanfiction paling produktif adalah dengan Nobuo Sato. Pada akhir cerita ini, daya baterai Doraemon habis, dan Nobita diberi pilihan antara mengganti baterai di dalam Doraemon beku, yang akan menyebabkan itu untuk me-reset dan kehilangan semua memori, atau menunggu seorang teknisi robot yang kompeten yang akan mampu menghidupkan kembali kucing robot satu hari. Nobita bersumpah bahwa setiap hari untuk bekerja keras di sekolah, lulus dengan kehormatan, dan menjadi yang robotika teknisi. Di masa depan, terungkap bahwa Jepang telah menjadi Republik, dan Hidetoshi Dekisugi adalah Presiden. Dia berhasil bangkit Doraemon di masa depan sebagai profesor robot, menjadi sukses sebagai AI pengembang, dan dengan demikian hidup bahagia selamanya, sehingga membebaskan keturunannya dari beban keuangan yang menyebabkan Doraemon yang akan dikirim ke ruang waktu-nya di tempat pertama. Sebuah dōjinshi untuk mengakhiri ini dibuat oleh seorang "T Tajima Yasue" pada tahun 2005, dan terjual 13.000 eksemplar sebelum Shogakukan menghentikan publikasi. Tajima meminta maaf kepada Shogakukan pada tahun 2007 dan membayar jumlah yang tidak diungkapkan uang untuk penyelesaian .

Anime

Setelah serangkaian animasi singkat dan tidak populer pada tahun 1973 oleh Nippon Television , Doraemon tetap cukup eksklusif dalam bentuk manga sampai tahun 1979 ketika sebuah studio animasi baru dibentuk, Shin-Ei Animasi (Sekarang dimiliki oleh TV Asahi ) menghasilkan serangkaian anime Doraemon . Seri ini menjadi sangat populer, dan berakhir dengan episode 1787 pada tanggal 25 Maret 2005.

Merayakan Doraemon ' ulang tahun itu, baru Doraemon seri yang diproduksi oleh Shin-Ei Animasi mulai ditayangkan di TV Asahi pada 15 April 2005 dengan yang baru aktor suara dan staf, dan diperbarui desain karakter.

Vidio Game

Ada total 61 Jepang-hanya video game mulai dari permainan platformer untuk game RPG, yang dimulai dengan Emerson Arcadia 2001 sistem. Untuk daftar lengkap dari game-game ini melihat Daftar media Doraemon . Doraemon juga dapat dilihat di Namco 'populer Taiko Tatsujin ada ritme permainan seri seperti Taiko ada Tatsujin (11 - 14 saja), Meccha! Taiko Tatsujin DS tidak ada: tidak ada 7tsu Shima ada Daibouken , Taiko Tatsujin Wii tidak ada , tidak ada Taiko Tatsujin Ditambah , dan tidak ada Taiko Tatsujin DS: Dororon! Yokai Daikessen! . Versi Jepang Movie Maker 3D Microsoft berisi pak ekspansi bertema Doraemon.

Film Fitur

Pada tahun 1980, Toho merilis pertama dari serangkaian panjang fitur tahunan film animasi berdasarkan pada volume khusus lengthly diterbitkan annually.Unlike anime dan manga, beberapa berdasarkan cerita dalam volume, mereka memiliki lebih dari Shonen demografi dan lebih aksi petualangan yang berorientasi, mengambil karakter akrab dari Doraemon dan menempatkan mereka dalam berbagai pengaturan eksotis dan berbahaya. Nobita dan teman-temannya telah mengunjungi usia dinosaurus , jauh mencapai dari galaksi , jantung Afrika gelap (di mana mereka menemukan sebuah ras anjing bipedal hidup), kedalaman laut, dan dunia sihir . Beberapa film didasarkan pada legenda seperti Atlantis , dan pada sastra karya seperti Perjalanan ke Barat dan Arabian Nights . Beberapa film juga memiliki tema-tema serius, terutama pada topik-topik lingkungan dan penggunaan teknologi. Secara keseluruhan, film-film yang agak gelap nada dalam cerita mereka, tidak seperti manga dan anime.

Yang paling terakhir Doraemon film, Nobita dan Baja Pasukan Baru: ~ Sayap Malaikat ~ , dirilis di kedua 2D konvensional, dan IMAX 3D pada tanggal 5 Maret 2011. Ini adalah film 3D pertama Doraemon

Penerimaan

Pada tanggal 22 April 2002, pada edisi khusus Pahlawan Asia di majalah TIME , Doraemon terpilih sebagai salah satu dari 22 Pahlawan Asia. Menjadi karakter kartun hanya dipilih, Doraemon digambarkan sebagai "Pahlawan Cuddliest di Asia".
Pada tahun 2005, Masyarakat Jepang di New York dipilih Doraemon sebagai karya budaya yang signifikan dari Jepang otaku budaya pop dalam pameran nya Little Boy: The Arts dari Subkultur Jepang Exploding , dikuratori oleh artis terkenal Takashi Murakami . Dalam analisis Murakami, ia menyatakan bahwa Doraemon ' s plotlines rumusan melambangkan "pemenuhan keinginan" mentalitas 1970 Jepang, di mana revolusi elektronik glamor gagasan bahwa seseorang bisa memecahkan masalah mereka dengan mesin, gadget, dan kecerdasan daripada kerja keras.
Pada 2008, Departemen Luar Negeri Jepang menunjuk Doraemon sebagai duta budaya anime pertama.

Doraemon adalah istilah pengetahuan umum di Jepang. Koran juga secara teratur membuat referensi untuk Doraemon dan saku sebagai sesuatu dengan kemampuan untuk memenuhi semua keinginan. Karakter lain dalam seri juga direferensikan sering di acara TV dengan gips yang mirip. Beberapa majalah telah menggunakan analogi bahwa Amerika adalah Takeshi dunia dan Jepang adalah Suneo sidekick nya.

Doraemon dianugerahi pertama Penghargaan Manga Shogakukan untuk manga anak-anak pada tahun 1982, dan yang pertama Osamu Tezuka Penghargaan Budaya pada tahun 1997.
Doraemon adalah sebuah fenomena budaya di Jepang dan dapat dilihat di banyak tempat. Sebagai contoh, Doraemon digunakan sebagai karakter promosi oleh Art Hikkoshi Pusat ( アート引越センター Ato hikkoshi Senta ? ) , oleh sebuah perusahaan yang bergerak, dan dengan Cocos, sebuah rantai restoran. Doraemon juga muncul dalam banding untuk amal, "Doraemon Dana". Doraemon mainan dan hal baru juga sering ditemukan di Jepang, dengan ribuan item yang dijual.
Doraemon, Nobita, dan karakter lain juga muncul dalam manga berbagai pendidikan. Doraemon juga disebutkan dalam beberapa anime dan manga oleh lainnya seniman manga .
Doraemon adalah dirujuk dalam acara Man Group saat ini Biru berjalan di Tokyo. Men Biru memainkan potongan singkat lagu tema acara, dan satu don Doraemon beanie.
Perusahaan gitar Jepang, ESP Guitars , membuat gitar berbentuk Doraemon .
Mamotte! Lollipop direferensikan Doreamon dalam bab tentang sebuah rumah mandi.
Video musik untuk single "Dari Jarak yang" off dari Sepeda roda tiga & album by ambien rumah bertindak, Orb ini berkisah Doraemon.


sumber : wikipedia

2 comments: