ceritanya ikan

Rabu, 05 Oktober 2011

Tipe-tipe Sistem Informasi









1.      Transaction Processing Systems (TPS)
     Transaction Processing Systems (TPS) Sistem informasi komputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. Transaction Processing System (TPS) adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS menghapus rasa bosan saat melakukan transaksi operasional sekaligus mengurangi waktu, meskipun orang masih harus memasukkan data ke sistem komkputer secara manual.
contoh :
1)      kuitansi penjualan
2)      order pembelian
3)      formulir pajak

2.       E-Commerce
     Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”.
contoh :
1)    www.amazon.com
2)    www.barnesandnoble.com
3)    www.elexmedia.co.id

3.      Decision Support System (DSS)
  adalah system yang dirancang untuk membantu manager suatu organisasi untuk mengambil keputusan melalui proses penyimpulan atau perbandingan data dari berbagai macam sumber data yang berbeda. DSS biasanya terdiri dari bahasa query / SQL, kemampuan analisis secara statistik, spreadsheet, dan grafik-grafik untuk membantu pengambil keputusan didalam mengevaluasi keputusannya.
contoh :
1)    DSS berbasis spreadsheet untuk menganalisis biaya penyelenggaraan pendidikan
2)    DSS untuk penanganan jalan lintas timur sumatera

4.      Management Information System (MIS)
    adalah suatu aplikasi Sistem Informasi yang menyediakan laporan informasi terpadu bagi pihak manajemen. MIS dihasilkan dari beberapa database yang menyimpan data dari benyak sumber, termasuk didalamanya Transaction Processing System/TPS. MIS menyajikan informasi yang detail, rangkuman informasi dan informasi terpilih. MIS merupakan salah satu elemen manajemen yang dirasa penting oleh banyak perusahaan
contoh :
1)      Budget forecasting and analysis
2)      Financial reporting
3)      Inventory reporting

5.     Expert System
    Expert system juga biasa disebut sistem pakar. Expert system adalah program komputer yang dirancang untuk memiliki kemampuan menyelesaikan masalah seperti human expert. Jadi expert system ini berperan layaknya seorang pakar dalam suatu sistem yang “nyata”.
            contoh :
1)     MYCIN Dirancang oleh Edward Feigenbaum (Universitas Stanford)  th ’70 an untuk diagnose  penyakit
2)     DENDRAL Mengidentifikasi struktur molecular campuran yang tidak dikenal








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar